Tahap Perkembangan Anak Usia Dini yang Berlangsung Unik

Tahap Perkembangan Anak Usia Dini yang Berlangsung Unik

Tahap perkembangan anak usia dini akan menjadi salah satu momen yang tak bisa dilupakan oleh kedua orang tuanya. Pasalnya si kecil kini sudah melewati fase bayi dan tengah memasuki usia anak-anak. Dalam beberapa tahun mendatang, buah hati nantinya menjalani proses untuk tumbuh dan berkembangan yang begitu penting di hidupnya.

Pastinya terdapat banyak perubahan yang nantinya terjadi dalam tahap tumbuh kembang anak. Selain itu si kecil lebih banyak berinteraksi dengan ayah, ibu maupun orang-orang yang ada di sekitarnya.

Tak hanya itu, si kecil juga mempunyai rasa ingin tahu yang lebih besar hingga kian aktif berkerak. Perlu orang tua ketahui, tahap tumbuh kembang yang dialami anak nantinya berlangsung unik. Pasalnya tiap organ tubuh buah hati mempunyai pola pertumbuhan berbeda dengan kecepatan bervariasi.

Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Sejak Usia Dini

Agar mengetahui apakah tahap tumbuh kembang si kecil sudah sesuai dengan proses tumbuh kembang anak sejak usia dini, orang tua bisa melihat panduan sebagai berikut :

  1. Fisik Dalam Berat dan Tinggi Badan Si Kecil

Cara yang paling mudah serta mendasar dalam pemantauan tumbuh kembang buah hati yakni melihat dari perkembangan pada fisiknya. Secara umum, bobot tubuh anak usia dini mulai dari satu tahun sekitar tiga kali lipat dari beratnya saat lahir.

Jika ibu ingin melakukan perhitungan yang lebih rinci dapat menghitung perkiraannya dengan tinggi badan normal anak umur satu tahun yakni 1,5 dikalikan tinggi badan saat ia lahir.

  1. Kemampuan dalam Motorik

Adapun kemampuan dalam motoric yakni kemampuan buah hati dalam menggerakkan sejumlah bagian tubuhnya. Pada anak usia dini bisa mulai dari satu tahun, perkembangan motoric buah hati ditandai dengan kemampuannya untuk berdiri sendiri, belajar melangkah, membolak balikan buku serta masih banyak lagi.

Bukan itu saja, salah satu langkah, memantau perkembangan dalam motorik usia dini yakni melihat kemampuannya dapat makan dengan sendiri. Pada kisaran umur ini, semestinya si kecil sudah dapat makan memakai jemarinya sendiri meskipun belum sempurna serta masih berantakan.

Minimal buah hati sudah bisa menggenggam makanan lalu memasukkannya dalam mulutnya. Bahkan sebagian anak sdah bisa memakan dengan memakai sendok sejak usia dini.

  1. Kemampuan di Bidang Sosial dan Emosionalnya

Pada kemampuan tersebut berkaitan dengan bagaimana cara si kecil berinteraksi dengan orang sekitar. Umumnya salah satu ciri dari tumbuh kembang anak usia dini yaitu ia senang memeluk orang tuanya, bahkan meniru aktivitas yang sering ia lihat di rumah. Selain itu si kecil juga mulai berbagi benda misalnya mainan dengan anak lainnya.

Beberapa tahap perkembangan pada anak usia dini tersebut penting untuk orang tua perhatikan demi proses tumbuh kembangnya yang optimal.

admin