6 Cara Melestarikan Lingkungan di Sekitar Rumah

6 Cara Melestarikan Lingkungan di Sekitar Rumah

Melestarikan lingkungan merupakan cara untuk memelihara kelangsungan lingkungan hidup. Pelestarian lingkungan tentunya bisa dimulai dari lingkungan rumah agar Anda memulai dari yang terdekat dan terkecil. Berikut cara melestarikan lingkungan sekitar rumah yang bisa dilakukan.

1.   Kurangi Sampah

Pelestarian lingkungan bisa dimulai dengan mengurangi sampah plastik yang menjadi salah satu masalah terbesar di dunia. Sampah merusak banyak sekali ekosistem. Bagian terbesar yang rusak sampah mengotori lautan sampai membuat banyak hewan menanggung akibatnya seperti ikan hiu.

Anda bisa mengurangi keberadaan sampah plastik dengan menggunakannya untuk membuat tas daur ulang. Mengganti plastik sekali pakai dengan tas kain saat berbelanja, ini akan sangat membantu sekali pengurangan sampah plastik.

2.   Menanam Pohon

Keberadaan pohon manfaatnya untuk membuat udara menjadi lebih sejuk dan segar.  Ikut serta kegiatan tanam pohon akan mencegah risiko terjadinya longsor. Pohon juga mencegah terjadinya banjir karena bisa membantu menghambat air agar tidak meluap. Cara penanaman pohon yang tepat bisa diberitahukan kepada siapa saja yang ingin ikut serta.

3.   Bawa Tempat Minum dan Makan

Bawalah tempat minum dan makan untuk mengurangi sampah plastik. Terkhususnya minum, bawa minum dengan tumblr upaya untuk tidak menggunakan kemasan plastik. Ini juga cara untuk mengurangi pengeluaran bulanan. Bawa tempat makan barangkali membantu mengurangi pemakaian bungkusan saat pembelian.

4.   Mengolah Limbah Dapur

Limbah dapur rumah tangga biasanya terdiri dari berbagai sisa makanan dan dedaunan. Semua ini bisa diolah menjadi pupuk kompos. Sangat berguna sekali untuk diberikan kepada tanaman. Anda bisa menyuburkan tanaman tanpa perlu mengeluarkan uang lagi.

Cara mengolah limbah dapur yang berupa sampah anorganik barangkali bisa Anda jual ke tukang loak untuk diolah kembali oleh pihak menerima penampungannya. Anda harus memperhatikan pengolahan limbah dapur ini, bagilah pengumpulannya dalam tong sampah yang berbeda.

5.   Gunakan Produk Lokal

Ternyata penggunaan produk lokal sangat membantu sekali dalam kelestarian lingkungan karena secara tidak langsung mengurangi adanya emisi polusi udara akibat transportasi yang dipakai untuk mengimpor produk dari luar negeri. Menjaga kelestarian lingkungan sekaligus membantu pengusaha lokal untuk tetap laris manis.

6.   Mengubah Gaya Hidup

Sedikit banyaknya gaya hidup sangat mempengaruhi kelestarian lingkungan. Gaya hidup yang konsumtif dapat membuat sumber daya alam terbuang sampai terjadinya penumpukkan sampah. Risikonya akan mencemari lingkungan.

Anda bisa menggunakan barang-barang yang masih layak atau memberikannya kepada orang lain jauh lebih baik. Ketimbang Anda membuang barang-barangnya. Kurangi gaya hidup konsumtif akan membuat Anda berkurang membeli barang yang tidak diperlukan. Sekaligus ini akan menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.

Cara melestarikan lingkungan ini bisa diterapkan dari sekarang dan oleh siapa saja. Anda tinggal membentuk kebiasaan agar bisa terus dilakukan. Kontribusi Anda saat berpengaruh sekali dengan kondisi lingkungan sekitar. Sekaligus nantinya bisa menjadi contoh untuk warga yang ada.

admin