5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan di Awal MPASI

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan di Awal MPASI

Anak susah makan tentu membuat Anda menjadi khawatir karena bisa berdampak pada berat badannya. Di mana berat badan salah satu komponen untuk mempertimbangkan tumbuh kembang anak. Berikut ini cara mengatasi anak susah makan di awal MPASI.

1.   Buat Jadwal Makan

Di awal MPASI makan menjadi sebuah rutinitas yang perlu dikenalkan agar anak menjadi terbiasa dan memahami kapan waktunya makan. Jadwal makan anak pada masa MPASI tiga kali untuk makanan utama dan dua kali makanan camilan. Jadwal makan anak harus konsisten yaitu pagi, siang, dan makan malamnya.

Misalnya Anda membuat makan pagi anak jam 8, siang jam 12, dan malam jam 6. Setiap harinya jadwal ini harus diikutkan jangan sampai lalai.  Ini cara agar anak memahami tentang konsep lapar dan kenyang, sehingga bisa tercegah dari masalah susah makan. Makanan camilannya bisa disela-sela jam makan utama.

2.   Sabar Memberi Makan Anak

Seringnya ketidaksabaran Anda yang akhirnya membuat anak makan dengan tidak tuntas. Penting sekali untuk sabar saat memberikan makan anak. Tunggu sampai anak membuka mulutnya kembali saat makan. Jangan memaksa anak saat memberikan makan karena ini bisa membuat anak menjadi trauma dan jadi susah makan.

3.   Menu Makanan yang Menarik

Masa MPASI merupakan masa perkenalan berbagai jenis makanan. Jadi, salah satu cara mengatasi anak yang susah makan di masa MPASI dengan membuat menu makanan yang menarik. Buatlah makanan anak dengan berbagai bentuk yang menarik.

Pilihlah warna makanan yang terang, sehingga membuat anak tertarik untuk mencobanya. Bisa divariasikan juga dari bentuk makanannya dengan berbagai varian. Bisa dibuat seperti bentuk bulat atau persegi. Anda bisa membuat bentuk makanan ini dengan menggunakan cetakan.

4.   Makan Bersama Anak

Anda juga bisa mencoba cara mengatasi anak yang susah makan dengan mengajak anak makan bersama. Gunakan kursi makan untuk membuat anak bisa duduk bersama di meja makan dengan Anda. Makan bersama akan membuat anak mencontoh cara Anda makan. Selama makan bersama tunggulah anak menghabiskan makanannya karena jika Anda duluan selesai ia juga akan selesai.

5.   Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Cara berikutnya yang juga bisa dicoba untuk mengatasi anak makan dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. Bisa dengan membiarkan anak memilih ingin makan di mana. Mulailah instruksi makan dengan santai agar anak tidak merasa tegang. Sesekali tidak masalah mengajak anak makan di luar untuk mendapatkan suasana yang menyenangkan.

Cara mengatasi anak susah makan memang perlu proses dan Anda harus bersabar melewati setiap prosesnya. Saat anak sudah mulai mau makan hindari makan sambil menonton ataupun bermain. Variasikan menu makanan agar anak tidak bosan dan makannya selalu habis.

admin