4 Pentingnya Memantau Tabel Tinggi Anak Menurut Usia

4 Pentingnya Memantau Tabel Tinggi Anak Menurut Usia

Tinggi badan anak merupakan salah satu indikator untuk memantau perkembangan anak. Penting sekali untuk Anda mengetahui berapa seharusnya kenaikan tinggi badan anak normalnya sesuai usia. Di mana setiap rentang usia ada usia tertentu yang menjadi usia emas anak. Berikut ini pentingnya memantau tabel tinggi anak menurut usia yang perlu dilakukan.

1.   Gambaran IQ

Tinggi badan anak ternyata mempengaruhi tinggi IQ yang dimilikinya. Jika anak Anda tingginya lebih daripada anak seusianya maka ada kemungkinan akan memiliki IQ yang lebih tinggi. Ada riset dari Princeton University membuktikan anak yang lebih tinggi hasil kognitifnya lebih tinggi saat dites.

IQ ini merupakan bagian dari tumbuh kembang anak. Tinggi yang sesuai usia menggambarkan bahwa anak mengalami pertumbuhan sebagaimana mestinya, sehingga IQ nya juga berkembang setara dengan pertumbuhan tingginya.

2.   Keseimbangan Gizi

Tinggi badan anak juga membantu Anda untuk mengontrol apakah gizinya seimbang atau tidak. Gizi yang seimbang akan terlihat dari tinggi badan anak tumbuh dengan optimal. Aktivitas fisik anak juga tidak akan terhambat dan tidak mudah kelelahan.

Anda bisa mengontrol tinggi badan ini dengan memiliki alat pengukur tinggi badan anak di rumah atau bisa memeriksanya secara rutin ke bidan atau klinik. Ukurlah secara berkala sesuai dengan rentang usianya harus ada pertambahan berapa. Jika ukuran tinggi anak sudah di garis aman berarti selama ini gizi anak terpenuhi dengan baik.

3.   Cegah Stunting

Stunting merupakan masalah pada tumbuh kembang anak yang selalu terjadi di Indonesia. Bahkan kerap sekali masalah stunting ini tidak disadari oleh para orang tua. Pentingnya memantau table tinggi badan anak sebagai upaya untuk mencegah stunting.

Di mana stunting adalah tubuh anak yang pendek karena gagal tumbuh dan mengalami kekurangan gizi yang sudah di tahap kronis. Cara mengetahui anak stunting saat ukuran tingginya tidak seperti anak seusianya dan tidak ada pertambahan tinggi badan setiap rentang waktu tertentu.

4.   Daya Tangkap

Tinggi badan sebagai komponen pertumbuhan akan mempengaruhi dengan daya tangkap anak. Terutama di usia 1 sampai 3 tahun. Penting sekali untuk Anda memastikan tinggi badan anak sesuai dengan seusianya.

Tinggi badan selaras dengan perkembangan otak anak, jika tidak selaras segera temukan apa penyebabnya dan temukan cara mengatasi masalah tinggi badan anak. Anda harus sangat ekstra memantau berapa pertambahan tinggi anak seharusnya.

Tabel tinggi anak menurut usia dibagi untuk dua tahun usia pertama. Di mana bayi harus memiliki kenaikan tinggi 1,5 cm sampai 2,5 cm sampai usia 6 bulan. Usia 6 sampai 12 bulan paling tidak ada 1 cm kenaikannya tiap bulan. Jadi, Anda harus memastikan pertumbuhan tinggi anak sesuai usianya agar di usia satu tahun bisa mencapai batas normal tinggi badan.

admin